indiraberkat.com

  • Category: News
  • Hits: 538
  • Print, Email

AGV (Automatic Guided Vehicle) atau kendaraan berpemandu otomatis adalah robot portabel yang mengikuti garis panjang atau kabel di lantai, atau menggunakan gelombang radio, kamera, magnet, atau laser untuk navigasi. Mereka paling sering digunakan dalam aplikasi industri untuk mengangkut material di sekitar bangunan industri besar, seperti pabrik atau gudang.

AGV dapat menarik objek di belakangnya dalam trailer yang dapat dipasang secara mandiri. Trailer dapat digunakan untuk memindahkan bahan mentah atau produk jadi. AGV juga dapat menyimpan benda di tempat tertentu. Benda-benda tersebut dapat ditempatkan pada satu set roller bermotor (konveyor) dan kemudian didorong dengan cara membalikkannya. AGV digunakan di hampir setiap industri, termasuk pulp, kertas, logam, surat kabar, dan manufaktur umum. Pengangkutan material seperti makanan, linen atau obat-obatan di rumah sakit juga dilakukan.

Selama bertahun-tahun teknologinya telah menjadi lebih canggih dan kendaraan otomatis saat ini sebagian besar dinavigasi dengan laser misalnya LGV (Kendaraan Pemandu Laser). Dalam proses otomatis, LGV diprogram untuk berkomunikasi dengan robot lain untuk memastikan produk dipindahkan dengan lancar melalui gudang, baik disimpan untuk digunakan di masa mendatang atau dikirim langsung ke area pengiriman. Saat ini, AGV memainkan peran penting dalam desain pabrik dan gudang baru, dengan aman memindahkan barang ke tujuan yang seharusnya.